4rbung blog's adalah web blog yang berisi artikel tutorial, free download software dan lagu, chord gitar dan info-info menarik yang ada di dunia

Tips Belajar Efektif dan Mudah Hafal

Tips Belajar Efektif dan Mudah Hafal
Pada saat kita belajar sering kali kita merasa malas belajar, malas membaca, bosan, jenuh, ngantuk dan alasan-alasan lainnya. Jika setiap kali kita belajar terus seperti itu, maka kita akan rugi besar. Pada saat kita belajar, kita harus bisa melawan..melawan dan melawan rasa-rasa yang bisa mengganggu fikiran kita pada saat kita belajar, seperti rasa malas, bosan, jenuh, ngantuk dll.

Saya mempunyai tips untuk sobat, agar pada saat belajar tidak bosan ataupun jenuh dan malas. Tips yang saya beritahukan untuk sobat adalah tips menurut pengalaman saya. Di bawah ini ada beberapa tips untuk anda :
  1. Adanya niat atau keinginan untuk belajar. Maksud dari niat ini, sobat harus niat terlebih dahulu, Jika sobat gak niat untuk belajar maka sobat akan merasa malas, jenuh, ngantuk dll. Karena niat adalah hal utama yang harus kita utamakan. 
  2. Konsentrasi. Sobat harus menghilangkan semua pikiran yang ada pada fikiran sobat. Pada saat belajar, janganlah sekali-kali memikirkan suatu hal yang tidak ada kaitannya ataupun hubungannya dengan pelajaran yang sobat pelajari.
  3. Pililah tempat yang nyaman menurut anda. Ketika belajar usahakan sobat memilih tempat yang tenang, nyaman, gak berisik dan saya sarankan, usahakan ketika belajar, sobat tidak belajar dengan posisi tidur, kalau bahasa jawanya klesetan, itu akan mengganggu konsen sobat pada saat belajar.
  4. Pilihlah waktu yang tepat. Sebaiknya sobat belajar pada pagi hari. Karena pagi hari, fikiran kita masih fresh.
  5. Belajar dengan mengambil pokok intinya saja alias yang penting-penting saja. Dengan sobat mengambil pokok intinya, sobat bisa mudah memahaminya.
  6. Buatlah rangkuman. Membuat rangkuman mempunyai banyak fungsi seperti pada saat kita mendekati ulangan atau tes, kita gak perlu susah untuk mengulang cukup dari rangkuman yang sobat buat kemudian sobat mudah untuk menghafalkannya.
Hanya itu tips yang bisa saya berikan untuk sobat. Mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat untuk sobat. Pokoknya yang paling utama sobat harus mempunyai niat terlebih dahulu.

Janganlah malas untuk belajar karena belajar adalah salah satu kunci kesuksesan !!! 




6 komentar:

Whays @l kurni mengatakan...

Tips in keren bngt, aplgi bgi rmja yg hobi nntn, mngkin in bsa mmudhkn mreka untuk bljr dn cpt memahami pljran
terima kasih ats tipsnya.

Anehuda25 mengatakan...

iya mas, tips diatas hasil dari pengalaman saya. hehe

sma" mass .. :)
terima kasih juga udah berkunjung ..

klik dapat duit mengatakan...

sebagian dari kita memang sulit menghapal dengan cepat
Mantap infonya gan

Anehuda25 mengatakan...

iya mas, emang bener sihh, tapi mungkin bisa di usahakan mas.. :)

les privat SP mengatakan...

mantab sob artikelnya .. tips ini sangat berguna sekali bagi para siswa ya

Anehuda25 mengatakan...

iya mass, ini cocok banget .. :)

Posting Komentar

## Terima kasih, anda telah membaca artikel pada blog ini ...
## Jangan lupa untuk meninggalkan komentar setelah membaca artikel ...
## Karena dengan komentar anda blog ini akan semakin maju di dunia internet ...

Tips Belajar Efektif dan Mudah Hafal